5 Kebiasaan yang Bikin Hard Disk Cepat Rusak


5 Kebiasaan yang Bikin Hard Disk Cepat Rusak

Deskripsi: Hard disk laptop bisa cepat rusak akibat beberapa kebiasaan buruk penggunanya. Salah satunya yaitu sering instal ulang OS dan memindahkan laptop yang menyala.

Hard disk merupakan salah satu komponen terpenting komputer, karena di sanalah semua file dan instalasi sistem operasi tersimpan. Jika hardisk mengalami kerusakan, kinerja laptop pun akan terhambat. Karena itulah, rawat hardisk sebaik-baiknya dengan menghindari 5 kebiasaan yang bisa merusak hardisk berikut ini.

  1. Mematikan Laptop Secara Paksa

Cara mematikan laptop yang benar yaitu dengan klik shutdown, lalu tunggu beberapa saat sampai layar benar-benar mati. Jika sudah mati total, maka Anda bisa menutup laptop. Jangan langsung menutupnya saat masih menyala atau tiba-tiba menekan tombol power. Selain merusak sistem operasi, kebiasaan ini juga bisa mengancam hardisk.

  1. Memindahkan Laptop dalam Keadaan Nyala

Memindahkan laptop saat masih nyala juga bisa menjadi salah satu penyebab hardisk rusak. Kondisi ini juga termasuk ketika laptop hibernate, sleep, dan standby. Karena dalam keadaan tersebut laptop masih aktif  dan ketika ada gerakan atau guncangan tertentu akan menimbulkan gangguan sinyal digital hardisk.

  1. Pemakaian Laptop Secara Berlebihan

Pemakaian laptop secara terus-terusan juga berakibat buruk untuk hardisk laptop. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk kegiatan yang memaksa head hardisk bekerja ekstra, seperti saat memutar musik atau video. Karena sebagai media penyimpan data berbentuk piringan, hardisk bertugas membaca sektor data tersebut.

Untuk itulah, salah satu cara mencegah hardisk rusak yaitu kurangi menonton video secara berlebihan. Hindari maraton film sampai berjam-jam tanpa mengistirahatkan laptop.

  1. Sering Instal Ulang Sistem Operasi

Instal ulang komputer memang bisa meningkatkan performa komputer. Tapi kebiasaan tersebut juga bisa berakibat buruk terhadap kualitas hardisk. Karena dalam proses instalasi juga melibatkan penyalinan file sistem operasi yang rentan rusak. Apalagi jika prosesnya dilakukan dalam waktu singkat.

  1. File Berantakan

Kumpulan file yang berantakan tidak hanya menyulitkan pencarian, tapi lama kelamaan bisa memicu kerusakan hardisk. Karena file-file tertentu bisa saling menimpa dan menyebabkan head hardisk membacanya secara acak.  Karena itulah, cara merawat hardisk paling sederhana yaitu dengan merapikan semua file dan folder dalam komputer.

Cara merawat hard disk komputer bisa dimulai dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk, seperti terlalu sering instalasi sistem operasi. Anda juga perlu menghindari kebiasaan memindahkan komputer dalam keadaan nyala serta menggunakannya terlalu lama untuk memutar lagu atau video.