Malas Membereskan Rumah? Ini Ia 10 Langkah Hebat Beres-beres Rumah!


Untuk beberapa dari kita, tentu susah meluangkan waktu membereskan rumah di tengah-tengah aktivitas setiap hari. Lantas, kamu juga merencanakan bersihkan rumahmu diakhir minggu. Tetapi, saat akhir minggu datang, kamu terlampau malas bangkit dari tempat tidur untuk selekasnya membereskan rumah. Apa lagi kamu memandang jika membereskan rumah itu aktivitas yang monoton dan meletihkan. Akhirnya, kamu kembali menghindari dari kewajiban menjaga rumahmu, atau justru pergi habiskan akhir minggu di luar rumah.

Ada beberapa trik dan tips untuk membikin aktivitas membereskan rumah jadi berasa lebih gampang, tapi belum pasti membuat aktivitas itu menjadi lebih membahagiakan. Ini kali Kania akan menerangkan 10 langkah yang membuat aktivitas beres-beres diakhir minggu menjadi lebih hebat dan tidak ngebosenin. Dengan langkah ini, ditanggung kamu jadi tidak ingin menahan-nahan untuk jaga kebersihan rumahmu!

  • Ingat Faedah Dari Membereskan Rumah

Untuk memulai aktivitas membereskan rumah jadi aktivitas yang membahagiakan, coba kamu menyaksikan lebih jauh di depan. Banyak sekali faedah yang bisa kamu dapatkan dari membereskan rumah. Rumah bukan hanya jadi bersih dan kinclong, kamu bisa juga berasa berbahagia dengan membereskan rumah. Menurut riset dari British Journal of Sports Medicine, 20 menit saat yang dipakai untuk membereskan rumah bisa kurangi kekhawatiran dan depresi sekitar 20%.

  • Nyalakan Situasi Dengan Musik Favoritmu

Supaya situasi lebih memberikan dukungan dan supaya kamu menjadi lebih semangat, kamu bisa memutar musik kegemaranmu. Kamu dapat mendengarkanya langsung dengan earphone atau memutarnya di speaker. Tidak boleh terlampau pikirkan seberapa banyak sisi rumah yang perlu kamu atur, mulai saja dan cicipi prosesnya.

Dengan musik, kamu dapat menjadi lebih santai saat membereskan rumah. Dapat sekalian bersenandung dan menari juga. Melalui situasi yang aman, kamu gampang fokus. Membereskan rumah menjadi lebih efisien, hingga tidak ada setitik debu juga yang ketinggalan.

  • Mengajak Anggota Keluarga Yang Lain

Pekerjaan membereskan rumah tidak cuma pekerjaan seorang ibu, tapi juga pekerjaan semua bagian keluarga. Karena banyak sekali yang perlu dibikin bersih dimulai dari ruangan keluarga, mengatur dapur, ruang tidur, dan kamar mandi, bawalah bagian keluarga lain untuk turut serta.

Makin bertambahnya bagian keluarga yang lain berperan serta, membereskan rumah akan makin hebat dan membahagiakan. Selainnya rumah menjadi lebih cepat bersih karena ditangani bersama, kamu dan keluarga bisa juga menjadi lebih dekat dan solid.

  • Membereskan Rumah Sekalian Bermain

Saat bagian keluarga lainnya turut membereskan rumah, kamu dapat membuat suatu permainan supaya aktivitas ini makin memikat. Jadikanlah aktivitas membereskan rumah sebagai sebuah gelaran kerja-bakti keluarga yang bersaing. Misalkan, tiap hal yang perlu dibikin bersih dikasih point atau nilai.

Makin susah membersihkan, karena itu point makin besar . Maka ,tiap orang berlomba mendapat point sebanyaknya. Saat semua rumah sudah rapi, juaranya akan memperoleh hadiah. Misalkan, berlomba-lomba bersihkan almari baju mereka masing-masing.

  • Membereskan Rumah Sebagai Olahraga

Taukah kamu jika membereskan rumah itu dapat membakar kalori? Membereskan rumah mengikutsertakan aktivitas fisik dan gerakanya aktif. Kamu bergerak ke sana kesini atau lakukan pergerakan yang repetitif, sama seperti dengan olahraga, kan?

Dengan kerjakan beberapa hal yang enteng saja, seperti mengelap rack dan cabinet, di dalam 1 jam 100 kalori dapat terbakar. Saat tugas yang ditangani lebih berat, seperti mengepel atau menyikat kamar mandi dan bersihkan ruangan keluarga, kalori yang terbakar dapat sampai 200 kalori.

  • Berlomba-lomba dengan Waktu Saat Membereskan Rumah

Tidak boleh terbuai dan keasikan bermain. Kamu harus juga ingat jika rumah harus selekasnya bersih dan rapi. Membereskan rumah kelamaan, dapat membuat rumah jadi cepat kotor kembali.

Supaya aktivitas membereskan rumah masih tetap efisien dan efektif, kamu dapat menarget batas waktu, misalkan bila kamu dan keluarga mulai bersihkan rumah dari pagi, karena itu kalian harus menuntaskan pekerjaan kalian saat sebelum makan siang.

  • DIY Alat Membereskan Rumah

Kamu tentu saja perlu sediakan alat pencuci yang gampang dipakai, supaya tugas membereskan rumah jadi lebih lancar tanpa masalah. Supaya kamu makin terpacu dalam bersihkan rumah, kamu bisa juga membuat beberapa alat pembersihnya sendiri, lho.

Mengajak anak-anakmu mebuat tempat sampah sendiri. Mereka dapat menghiasi tempat sampah itu, seperti mewarnainya atau tempelkan sticker di sekitar tempat sampah.

  • Buat Daftar Tugas untuk Membereskan Rumah

Membuat daftar tugas yang perlu dilaksanakan untuk membereskan rumah memanglah tidak membahagiakan, tapi karena ada to-do daftar membereskan rumah akan lebih cepat dan aktivitasnya jadi terorganisir secara baik. Dan ini penting jika kamu membereskan rumah bersama anggota keluargamu lainnya, hingga tidak ada yang kerjakan pekerjaan yang serupa atau berbeda ingin kerjakan tugas rumah yang serupa.

  • Penghargaan untuk Hasil yang Baik

Sesudah rumahmu bersih dan kembali terlepas dari kotoran karena usaha kerasmu dan keluarga, kalian memiliki hak atas sebuah penghargaan. Misalkan kalian dapat pesan makan favorite kalian untuk makan siang, atau setelah menyikat kamar mandi dan jamban kamu dapat pedicure untuk menjaga kembali jari-jari tangan dan kakimu. Penghargaan semacam ini seharusnya telah kamu tetapkan pada awal sesaat akan membereskan rumah, agar kamu makin terpacu saat membereskan rumah.

  • Membereskan Rumah Sebagai Kegiatan rutin

Langkah paling baik supaya membuat aktivitas membereskan rumah jadi lebih gampang dan membahagiakan dengan terlatih melakukannya. Bila kamu telah terlatih membereskan rumah, kamu tidak berasa ini ialah tugas yang berat, dan kamu juga dapat semakin menikmatinya. Sempatkanlah tiap hari untuk membereskan rumah, dimulai dari berasa bertanggungjawab membereskan beberapa barang punya individu. Peringatkan bagian keluarga lain untuk lakukan ini.

Bagaimana jadi semangat kan untuk membereskan rumah? Atau sesudah membaca ini, kamu jadi di inspirasi membuat taktik sendiri supaya aktivitas membereskan rumah jadi lebih hebat dan menarik? Tapi jika merasa kesulitan untuk membersihkan rumah karena aktifitasmu banyak, tidak ada salahnya jika anda menggunakan jasa pembantu professional, rumah jadi bersih, dan anda bisa menjalankan aktifitas pekerjaan dengan sebagaimana mestinya. Semoga bisa membanttu